Seluruh
media mempermainkan kita sepenuhnya. Mereka sangat meliputi dalam pribadi, politik,
ekonomi, estetika, psikologis, moral, etika, dan kensekuensi social sampai
mereka tidak meninggalkan sedikitpun bagian hidup kita tidak tersetuh, tidak
terpengaruh, tidak berubah.
Perantaranya
adalah pijat. Setiap pemahaman perubahan sosial dan budaya adalah mustahil
tanpa pengetahuan tentang cara media yang bekerja sebagai lingkungan. Semua Media
adalah perpanjangan dari beberapa fakultas manusia - psikis atau fisik.
(McLuhan
et al. 1967: 26)
Pada
puncak masa perlombaan menuju ruang angkasa tahun 1960-an ketika televisi yang
dapat terjangkau dan radio portabel menambahkan dinamika lain yang kuat untuk
pengembangan massa media, ahli teori komunikasi seperti Marshall McLuhan
membantu kita berfikir ulang
tentang
tempat teknologi di masyarakat. Mereka berpendapat bahwa apa yang kita lakukan
dengan media yang dan apa yang dilakukannya kepada kita adalah bagian penting
untuk memahami kondisi manusia.
Media
dan teknologi merupakan bagian dari kain, jika masih belum ada dalam DNA
Evolusi
kita. Orang-orang telah merekam dan mengirimkan berbagai versi kejadian dalam
ribuan
tahun.
Lukisan gua, tulisan kuno berbentuk baji dan tulisan gambar memberitahu kita
bahwa dari awal kita mengembangkan berbagai teknologi untuk menyampaikan
informasi, untuk mewakili
pengalaman
kita, pikiran kita dan perasaan kita. Apa yang membedakan kita dari hewan
adalah keinginan kita dan kemampuan untuk memanfaatkan komunikasi untuk
ekspresi diri dan
pertukaran
ide, untuk introspeksi dan organisasi. Media merupakan produk
teknologi,
tetapi esensinya adalah bahasa manusia, bentuk pendengaran komunikasi
yang
mendahului kebutuhan untuk teknologi untuk merekamnya.
Homo
sapiens atau manusia yang ‘cerdas’ dapat ditelusuri kembali sekitar 250.000
tahun,
nenek
moyang awal kita, homo habilis muncul di tempat kejadian dua juta tahun sebelum
itu.
Untuk mencakup periode besar evolusi, kita sering menggunakan istilah
'prasejarah'
untuk
menandai waktu sebelum sejarah mulai dicatat dalam kata-kata tertulis,
Terobosan
itu datang relatif baru. Antara lima dan enam ribu tahun lalu di
Mesopotamia,
sekarang dikenal sebagai Irak, Sumeria memulai penggunaan kata-kata tertulis
dengan
stylus untuk mencatat nomor terkesan menjadi tanah liat lunak. Dalam seribu
tahun
Prosesnya
begitu halus, berkat pengembangan baji yang berbentuk tajam,
runcing,
stylus, dan tandanya mulai mewakili suku kata dari bahasa Sumerian.
Seperti
Michael Cook catat dalam kata pengantar bukunya Sejarah Singkat Ras Manusia
Manusia
telah diambil untuk membuat sejarah hanya dalam beberapa ratus terakhir
generasi.
Selama dua atau tiga ribu generasi sebelumnya bahwa nenek moyang kita
itu
mungkin tidak kurang cerdas dan berwawasan daripada kita sekarang (atau tidak
lebih
bodoh
dan tumpul). Tapi mereka dinyatakan terlibat.
(Cook
2003: xix)
Sekitar
satu juta tahun sebelum perkembangan tulisan dan catatan sejarah,
nenek
moyang kita membuat lompatan teknologi dan evolusi besar lain ke depannya. kami
tidak
bisa mengatakan di mana, kapan atau siapa sebenarnya menemukan cara untuk
mengendalikan api, tapi apa yang kita tahu adalah bahwa hal itu memungkinkan
leluhur kita untuk memasak makanan yang lebih kaya, yang secara signifikan
meningkatkan
kesehatan mereka, kekuatan mereka dan posisi mereka secara keseluruhan dalam
rantai makanan. Sekarang contoh yang sangat awal dari determinisme teknologi
yang menyatakan bahwa teknologi memiliki Efek yang melekat pada masyarakat.
Menulis pada akhir abad kesembilan belas, sosiolog Thorstein Veblen berpendapat
bahwa teknologi menentukan pembangunan manusia dan bahwa masyarakat
mengorganisasi dirinya sendiri sedemikian rupa untuk mendukung dan
mengembangkan teknologi setelah itu diketahui berhasil
(lihat
Veblen 1995).
Di
samping bahasa alami dan kata-kata tertulis, perkembangan teknologi merupakan
kunci dari evolusi kita. Roda dan mesin cetak, telegraf dan Internet memiliki
efek yang mendalam, tidak selalu positif, pada artinya menjadi manusia. Untuk
setiap aplikasi damai pada teknologi sering ada satu aplikasi yang kasar. Dan
sementara media telah mempercepat emansipasi individu dan mengembangkan
pemahaman diri dan waktu luang kita, itu juga telah digunakan untuk tujuan
propaganda, menghasut konflik dan untuk melakukan kontrol.
eksplorasi
dari ketegangan antara visi utopis dan dystopian bahwa masyarakat tergantung
pada media dan teknologi telah menginspirasi banyak. Jika karakteristik kunci menjadi
manusia adalah artikulasi pemikiran introspektif, maka kunci Karakteristik
media adalah bahwa hal itu sering digunakan untuk mengeksplorasi dan
merenungkan dampak emosi pada kita dan bagaimana kita menggunakannya.
film
Metropolis yang dirilis Fritz Lang pada tahun 1927, misalnya, diset pada tahun
2026 di mana masyarakat terbagi dua, antara perencana, yang hidup di atas bumi
dalam kemewahan, dan
pekerja
yang hidup di bawah tanah bekerja seperti budak untuk menopang kehidupan para
istimewa.
Lang memproduksi film itu antara Revolusi Rusia dan Perang Dunia II ketika
tekanan antara kelas-kelas sosial secara khusus diperkuat di Eropa.
Film
2001: A Space Odyssey (Kubrick 1968), secara longgar didasarkan pada Arthur C.
Fiksi
ilmiah cerita pendek Clark, Sentinel (1948), menyangkut ras alien yang
menggunakan
mesin seperti monolit untuk mengeksplorasi dunia baru dan, jika mungkin, untuk
memicu kehidupan cerdas. Dalam versi film, adegan pembukaan menunjukkan satu
perangkat tersebut muncul di Afrika kuno, jutaan tahun yang lalu, di mana ia
mengilhami sekelompok nenek moyang kita yang kelaparan untuk menggunakan alat
dalam bentuk tulang hewan. Mereka menggunakannya sebagai alat untuk membunuh
hewan lain, predator dan pemimpin dari suku saingan. Ini mengakhiri siklus kelaparan
yang mengancam jiwa dan mereka bergerak maju. Menggambar pada gagasan bahwa
teknologi bisa satu hari menjadi hidup dan berbalik melawan penciptanya, narasi
melompat melalui waktu dan kita mencapai titik di mana Bowman, salah satu
karakter utama, harus mengecoh komputer pesawat ruang angkasa untuk tetap
hidup.
Selama
perlombaan ruang angkasa dan di saat perang dingin pada 1960-an ketika Clark
menulis skenario untuk tahun 2001, kemungkinan bahwa perkembangan senjata telah
mengambil dunia ke titik di mana teknologi bisa menghancurkan umat manusia
sudah tampak sangat nyata. Perang Dunia II telah mempercepat pengembangan bom
atom, dan posisi rudal balistik di Kuba menyebabkan konflik Antara amerika dan
uni soviet yang menyebabkan potensi perang nuklir.
Skenario
kiamat tidak terbatas pada sejarah atau dystopian akademik determinisme
teknologi . Agama , Yudaisme , Islam dan Kristen , misalnya ,semua memiliki
akhir zaman apokaliptik dengan variasi mereka sendiri pada hari terakhir . komunitas
sains fiksi telah melakukan sesuatu pada tema yang sama untuk menciptakan
fantasi rumit di mana manusia , robot , dewa dan monster bermain keluar untuk
hidup dan mati memperjuangkan mengendalikan semuanya . Tapi , bahwa kesadaran
yang tak terlihat , dalam bentuk Allah untuk agama atau komputer yang sempurna
untuk penggemar sci - fi , adalah ada , belum ada buktinya. Sebaliknya , ada
pengaruh pertumbuhan konstruktivis sosial seperti Wiebe Bijker yang berpendapat
bahwa bentuk teknologi tindakan manusia dan bahwa penggunaan dan pengembangan tidak
dapat dipahami tanpa mencari tahu bagaimana teknologi yang cocok dengan social konteks.
Seperti yang dia catat dalam ' Mengapa dan bagaimana teknologi berpengaruh ' ,
' model social menekankan bahwa teknologi tidak mengikuti momentumnya sendiri ,
maupun sebuah cara pemecahan masalah yang rasional , tetapi dibentuk oleh
faktor sosial ' (2006 : 687 ) .
Dia
dan yang lain berpendapat itu adalah evolusi Darwin yang mendorong pembangunan,
dan benar adanya bahwa hubungan kita kepada dan memerintah teknologi, bahasa
alami dan kata yang ditulislah yang menentukan diri kita yang sesungguhnya. Sebuah
bagian besar dari itu adalah imajinasi manusia, itu mendorong rasa pertanyaan
tentang apa yang mungkin dan apa yang ada di depan.
Gambar
mengambang di udara, penurunan virtual di galaksi yang jauh, teman hasil
cloning, dan masa santai yang tidak terbatas (terima kasih pada pekerja robot)
hanya sedikit contoh dari janji memabukkan yang di tawarkan arus utama
masyarakat dan majalah online yang berspekulasi kepada masa depan. Buku Ray
Kutzwell, The Singularity Is Near (2005),
bayangkan pada suatu hari nanti manusia akan hidup di awan kekal dari
‘nanobots’, robot berukuran molekul yang terus-menerus mengubah
‘microenvirontments’ ke bentuk yang kita butuhkan. Kurzweil berfikir di jangka
panjang ‘nanotechnology’ akan membuat kita berubah bentuk, menawarkan keabadian,
dan membuat kita mampu mengirim pikiran kita ke seluruh alam semesta. Buku Todd
Seavey Neither God Nor Goo (2008) menginvestigasi beberapa projeksi yang
sama. Seavey menunjukkan itu berkebalikan terhadap pendapat kutzweil, penulis
thriller Michael Crichton menggambarkan bayangan masa depan yang lebih
mengganggu di buku best sellernya yang diluncurkan pada 2002, Prey. Itu adalah dunia dimana nanobots
mengamuk membentuk ‘nanoswarms’, awan-awan yang secara visual meniru manusia
untuk memasuki masyarakat dan menghancurkannya. Untuk saat ini nampaknya kedua
visi masih aman dalam bentuk sains fiksi. Tapi bukan berarti karna susah dibayangkan
akan terjadi kemungkinan itu menjadi nyata masih ada. Penemu mesin cetak pada
abad ke-15, Johannes Gutenberg, hampir pasti akan menanyakan ide yang
menyebutkan bahwa kitab dapat secara sepat dan tak terlihat dikiriim ke seluruh
dunia dan di print di tempat lain (Columbus masih belum berlayar ke amerika
pada saat ini).
Di
buku The Language of New Media Lev
Manovich menulis, ‘Grafik, gambar bergerak, suara, bentuk, tempat, dan tulisan
telah dapat dihitung, oleh karena itu
mereka dengan mudah mengandung set lain dari data komputer’ (2002; 20).
Definisi ekonomi dari media baru ini membawa kita untuk focus bahwa teknologi
menghitung sangatlah penting. Tetapi, ini bukanlah fenomena baru. Ceonvergesi media dan ‘interoperabilitas’
(menyinggung pada kemampuan system yang berbeda dan organisasi untuk bekerja
sama atau ‘interoperasi’) dan meluasnya penggunaan public dari internet telah
mungkin lebih dari satu decade yang lalu. Jejaring social yang dikendalikan
secara jauh, jual dan beli online; kehidupan kedua dalam tempat privasi online
tidak lagi baru. Akhir jaman dari media baru telah mendekat: pertanyaannya
adalah kemana revolusi digital akan bergerak selanjutnya ?
AKHIR
DARI MEDIA BARU ?
Keganjilan
teknologi didasarkan pada konsep dimana oada suatu titik tertentu computer
menjadi lebih pintar dari manusia. Di tahun 2000, ‘The Singularity Institute
for Artificial Intelligence’ (SIAI) di dirikan sebagai organisasi yang tidak
mengambil keuntungan untuk mengembangkan software kecerdasan buatan yang aman. Institusi itu mengatakan
bahwa kunci penting misi ini adalah untuk meningkatkan kesadaran kepada bahaya
dan keuntungan potensial yang diberikan oleh AI. SIAI mencatat:
Ada beberapa teknologi yang sering
disebut menuju arah ini. Yang sering disebut bisa jadi adalah kepintaran
buatan, tapi ada juga yang lain: hubungan langsung Antara otak dan
computer, penambahan biologis otak kita,
rekayasa genetika, resolisu ultra-tinggi scan otak diikuti oleh emulasi
komputer.
(SIAI
2008)
Jocelyn
Payne menunjukkan dalam kerjanya, ‘Computers, The singularity, and the future
of humanity’ (2003) bahwa idea awal telah bermunculan sejak pertengahan tahun
1960-an jika bukan sebelum itu. Paine menemukan sebuah bagian yang sangat
optimistic dari I.J.Good musings di edisi tahun 1965 dari Kemajuan dalam
computer. Disitu dia menulis:
Biarkan mesin yang ultra pintar di
definisikan sebagai mesin yang bisa melampaui jauh semua aktivitas manusia
pintar dan licik. Karena desain mesin ini adalah salah satunya aktivitas
intelektual, mesin yang ultra pintar dapat mendesain mesin yang bahkan lebih
bagus; maka saat itu akan muncul ‘ledakan kecerdasan’ dan kecerdasan dari
manusia akan tertinggal sangat jauh. Maka dari itu mesin ultra pintar yang
pertama harusnya menjadi penemuan terakhir yang akan dibuat manusia, asalkan
mesin itu cukup jinak untuk memberi tahu kita cara mengontrolnya. Itu lebih
berkemungkinan akan terjadi daripada tidak, dalam abad 20, sebuah mesin ultra
pintar akan dbuat dan itu akan menjaid penemuan terakhir yang manusia harus
buat.
(I.
J. Good cited in Paine 2003)
Predikis
Good ternyata salah. Pada permulaan abad ke-21 apa yang akan mungkin menjadi
kunci penting pendefinisian karakter dari media dan teknologi adalah
peningkatan kemunculannya. Dalam ‘the computer for the 21st century’
ditulis untuk The Scientific American pada
tahun 1991 Mark Weiser menulis:
Teknologi yang paling diingat adalah
teknologi yang hilang. mereka menenun diri ke dalam kain kehidupan sehari-hari
sampai mereka tidak bisa dibedakan dari itu. Contohnya menulis, mungkin
teknologi informasi yang pertama: kemampuan untuk menangkap sebuah representasi
symbol sebuah bahasa yang diucap untuk jangka panjang membersihkan informasi
kita dari batas memori individu. Sekarang teknologi ini telah ada
dimana-mana dalam Negara industry. Bukan
hanya buku, majalah dan Koran membawa informasi tertulis, tau
juga tanda jalan, papan iklan, tanda toko, dan bahkan graffiti. Bungkus permen
bersampul dalam tulisan. Kehadiran terus menerus dari latar belakang produk ini
dari ‘teknologi keaksaraan’ tidak memerlukan perhatian yang aktif, tetapi
informasi harus disampaikan dan siap digunakan dalam sekejap mata. Sulit
membayangkan kehidupan modern yang lain.
(Weiser
1991)
Meledaknya
penggunaan perangkat genggam seperti telpon genggam, MP4, dan sistem navigasi
satelit mendemonstrasikan betapa ramalan Wesley pada awal 1990-an saat jaman
interaksi model desktop dari computer dan manusia. Dia memproyeksikan dunia
dimana pemrosesan informasi telah berintegrasi penuh dengan objek sehari-hari
dan aktivitas jadi orang-orang, tidak harus sadar bahwa mereka melakukan itu,
berhubungan dengan banyaknya alat computer dan sistem secara simultan di
kehidupan sehari-hari. Hari ini, yang sering disebut sebagai komunitas
pengawasan berhubungan secara wireless dengan media, yang terus-menerus melacak
orang, untuk merekam mereka berhubungan dengan apa dan dengan siapa.
Identifikasi frekuensi radio, gerak-isyarat dan camera cctc dengan pengenalan
suara, barcodes dan tambang data adalah bagian besarnya perkembangan media dan
teknologi.
Penanda
atau ‘chip mata-mata’ yang sering dibilang para penghianat mereka, dapat
digunakan untuk tujuan yang banyak. Masukan satu kedalam disk pajak kendaraan
dan itu bisa membuat kendaraan otomatis membayar tarif tol; penanda yang serupa
dapat dimasukkan kedalam kulit binatang untuk membuat pemiliknya dapat melacak
keberadaan binatang kesayangan mereka. Tambahan, penanda identifikasi frekuensi
radio bisa diisi dengan informasi
biometric dan dimasukkan kedalam manusia, sesuatu yang bisa menyelamatkan
prajurit di garis depan, contohnya. Tetapi menandai seseorang dapat menimbulkan
tanda Tanya yang besar dalam hal etika jika satu orang membayangkan perbuatan
amoral apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah jika menggunakannya.
Kemajuan
dari media dan teknologi menjadi tidak terlihat, dimanapun dan kapanpun tidak
harus dianggap tidak baik. Penyebaran gratis dan mudahnya akses informasi
instan – contohnya, perawatan kesehatan atau pemilihan umum - adalah contoh kecil dari potensi media
digital yang bisa menaikkan standar hidup. Dalam tahun 2007 ‘linpark benckmark’
(sebuah tes intensive angka untuk menghitung poin performa dari computer) IBM
bluegene/L computer benchmark performa ada di 478.2 TFlop/s (‘teraflops’ atau
triliuns kalkulasi per detik), dan itu sekitar 400,000 kali lebih cepat dari
computer biasa. Hitung dengan cara lain, mesin IBM – berjalan di konjuksi
dengan departemen energi amerika serikat dan administrasi keamanan nuklir
Negara – bekerja dalam kecepatan yang sebanding dengan setiap orang di dunia
melakukan 40,000 kalkulasi per detik. Computer sudah bisa melakukan tugas rumit
dengan performa yang menakjubkan dari mendeteksi detak jantung dari bayi yang
belum lahir sampai menilai lubang hitam di luar angkasa. Perbandingannya,
kulkas yang dapat memesan susu segar ketika mendeteksi ada botol karton yang
kosong mungkin tidak se mutakhir yang disebut oleh beberapa pembuat. Tetapi,
ini bisa menjadi indikasi betapa menjalarnya dasar dari kecerdasan buatan akan
menjadi. Hampir satu decade yang lalu banyak perusahaan elektronik yang besar
membuat tim yang membuat produk yang tidak perlu kesadaran kita untuk memenuhi
kebutuhan kita; perangkat jaringan membuat keputusan untuk kita menjadi semakin
tertanam dalam keseharian kita. Tapi ada beberapa rintangan yang harus kita
lewati sebelum kita benar-benar nyaman dengan apa yang dikatakan oleh Artur
Lugmayr di Universitas teknologi Tampere finlandia yang disebut ‘kecerdasan
ambien’.
Masalah
besar seperti yang beberapa peneliti katakan adalah, bahwa computer kekurangan
‘nalar wajar’ seperti mengetahui bahwa kita dapat menarik tali tetapi tidak
bisa mendorongnya. Institusi Massachusetts jurusan teknologi ‘ grup perhitungan
nalar wajar lab media’ sedang mencari cara untuk memberi computer untuk
mengerti dan beralasan tentang dunia seperti manusia. Walaupun computer dapat
melakukan triiunan hitungan dalam kecepatan yang menakjubkan, mereka mempunyai
masalah yang sangat besar dengan hal yang biasanya sangat mudah kita lakukan,
seperti membaca sebuah cerita dan menjelaskannya. Walaupum beberapa computer
domestic dapan men-scan dan membuat foto ulang tahun, menjelaskan apa maksud
acara itu dan untuk siapa, membuat computer ternganga; anak yang sangat kecil
bisa menjelaskan lebih banyak tentang artinya. Ini mungkin karna mereka
diajarkan untuk menangkap nalar, untuk kelangsungan hidup mereka sejak dini.
Mungkin itu dianggap sangat sepele, namun nalar wajar adalah hal yang disetujui
oleh orang-orang sebagai bagian dari pengertian mereka. Beberapa peneliti di
MIT mengatakan jika computer akan mengembangkan kecerdasan ambien untuk keuntungan
kita, maka mereka membutuhkan level kecerdasan yang cerdik, yang disebut orang
sebagai nalar wajar. Sebagai contoh, mengisi diri jika bukan memenuhi diri,
kulkas harus mengubah pemesannnya tergantung siapa yang sedang ada dirumah atau
sebuah telpon pintar yang mematikan diri sendiri di dalam bioskop dan
menyalakannya ketika mengetahui ada telpon penting atau panggilan kematian.
Untuk mencapai poin ini, computer harus diprogam dengan informasi yang banyak
tentang kita: pengetahuan social bagaimana kita berinteraksi, pengetahuan fisik
bagaimana kita bersikap, pengetahuan sensor bagaimana kita terlihat, merasakan,
mencium, menyentuh dan suara benda-benda, kemampuan psikologi bagaimana orang
lain berfikir, dan lain-lain. Semacam kemampuan yang besar dan pintar yang
sering kita bilang nalar wajar, akan lebih mudah didapat dan mungkin akan
bergantung terhadap cara computer belajar mengerti bahasa alami seperti kita.
(lihat contoh studi kasus dibawah)
Menyingkirkan
sementara beberapa halangan teknik, banyak orang yang merasa selalu dalam
jaringan computer dan mendia yang berjalan di latar belakang penuh masalah.
Argument kunci yang membantah itu adalah konvergen teknologi media yang
berujung pada konsentrasi dari kepemilikan, yang mempercepat hegemoni budaya dimana
ideologi dominan diperkuat dengan mengorbankan ide-ide alternative. Perhatian
lain yang didokumentasikan dengan baik adalah bahwa media digital dapat
merendahkan dan mengasingkan rakyat. Koran secara teratur membawa laporan
sensasional dari remaja bersembunyi di kamar tidur mereka bermain game komputer
kekerasan berbasis Internet dengan mengorbankan tradisional budaya dan
kehidupan keluarga. Beberapa penulis dari headline tabloid telah tepat untuk
mengatakan media digital telah mengurangi kebutuhan kontak antar manusia ke
tingkat yang mengubah definisi tentang apa artinya menjadi manusia. Tapi
halaman florida balik
mengklaim
bahwa media digital akan menyebabkan generasi mudah dipimpin, pembunuh psiko
disfungsional tampaknya jauh melenceng. Perkembangan positif seperti Open
Source
Software,
Copyright Pengetahuan Bebas dan komunikasi global yang makin murah kemungkinan
menjadi warisan revolusi digital.
Dimana
beberapa kekhawatiran tentang kemajuan media digital tampak lebih relevan di
bidang biosfer bumi. Hadiah nyata manusia kepada lingkungannya melalui media
dan teknologi tampak semakin penting. Dalam jangka sangat panjang akan ada
kebutuhan untuk mengembangkan sistem untuk memindahkan orang menjauh dari
sistem tata surya seperti matahari masuk ke terminal yang mengalami penurunan.
Lebih segera, dunia menghadapi prospek bahwa ulah manusia yang menyebabkan
perubahan iklim perlu perdebatan lebih tepat dan beberapa solusi teknologi
untuk meniadakan polusi yang menyebabkan pemanasan global.
Media
memiliki peran sentral, untuk menyediakan forum untuk debat, banyak saluran
konten dan bukti, dan dua-cara melalui mana keputusan dapat dilakukan. Namun
media digital tidak sepenuhnya kebal terhadap menjadi bagian dari masalah.
Selain perannya dalam mendorong konsumsi secara umum, media merupakan mesin
yang lapar yang menuntut input besar energi dan komoditas untuk sehari-hari
kelangsungan
hidup. Menambah tekanan adalah pembuangan elektronik yang sudah dikonsumsi yang
setiap tahun membuat jutaan ton limbah yang berbahaya dalam bentuk televisi
lama, musik
sistem
dan pemutar DVD yang dibuang ketika mereka tidak lagi mode atau rusak. Dalam
membangun struktur keusangan, perusahaan dan periklanan adalah ahlinya dalam
menghasut nafsu kita dengan menawarkan model yang lebih bagus untuk membujuk
kita bahwa versi tahun lalu benar-benar perlu diupgrade. Kurang terlihat dalam
siklus konsumsi dari internet; dibelakang sumber daya yang hijau atau karbon
dan computer yang lapar akan energy dan pembangkit listrik yang membantu itu
semua tercentang.
Adalah
sangat mudah untuk meremehkan karena untuk melebih-lebihkan kecepatan dan
kegunaan dari
perkembangan
teknologi dalam keinginan kami untuk memahami masa depan yang bebas dari
ketidaksetaraan, kerja keras, penyakit dan konflik. Tapi di sini di awal abad
kedua puluh satu, ratusan jutaan orang hidup dalam kemiskinan menghancurkan,
yang kurang makan atau kelaparan dengan akses terbatas ke air minum yang aman.
Kesenjangan antara kaya dan miskin terus melebar. Seperti yang
nenek
moyang kita pahami, kemajuan teknologi dan media masih menjadi alat ampuh dalam
tantangan untuk membalikkan apa yang harus kita lakukan untuk membalikkan
keadaan dalam keprihatinan kita yang paling mendesak.
Bacaan yang
direkomendasi
Bijker,
W.E. (2006) Mengapa dan bagaimana hal teknologi penting, di R.E. Goodin dan C.
Tilley
(eds)
Oxford Handbook Analisis Politik Kontekstual. Oxford: Oxford University Press.
Gitelman,
Lisa dan Pingree, Geoffrey B. (ed.) (2003) Media Baru, 1740-1915. London:
The
MIT Press.
Greenfield,
Adam (2006) dimanapun: jaman baru dari perhitungan dimana-mana. Berkeley,
CA:
New Riders Publishing.